Windows Server 2003

Windows Server 2003

Selasa, 03 September 2013

INSTALASI WINDOWS SERVER 2003

Langkah-langkah untuk instalasi system operasi pada PC server akan dijelaskan sebagai berikut :

1. Masukan master CD Windows Server 2003 ke dalam CD-ROM anda, kemudian restart komputer anda. (Pastikan setting boot ordernya sudah pada CD-ROM)
2. Komputer akan melakukan proses Booting melalui CD-ROM anda yang telah berisi CD master Windows Server 2003.
3. Tekan tombol Enter. Maka akan tampil seperti tampak pada gambar di bawah ini. Under


Add caption
 4. Sesaat kemudian Windows Server 2003 akan menampilkan tampilan selamat datang seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

5. Tekan tombol ENTER untuk Setup Windows Server 2003. Maka akan keluar tampilan Licencing Agreement.


6. Tekan F8 untuk melanjutkan Instalasi Windows Server 2003. Selanjutnya tekan Enter untuk mulai Instal Windows Server 2003.
Add caption
   


pada pembagian partisi kali ini kita buat partisi dengan menekan tombol C, kemudian tentukan besarnya ruang hardisk yang diinginkan, misalnya 2000, berarti kita membuat partisi tersebut sebesar 2000Mb atau 2Gb. Ulangi langkah-langkah untuk membuat partisi yang lainnya.




7. Pada tampilan berikut Windows Server 2003 akan meminta untuk melakukan format terhadap hardisk  atau partisi yang akan digunakan pada proses Instalasi Windows Server 2003. Setelah itu pilih file System yang ingin digunakan. Biasanya kebanyakan orang memilih dua jenis, yaitu :NTFS dan FAT .



8. Windows server 2003 otomatis akan menformat hardsik/partisi hardsik yang akan digunakan untuk Instalasi.

9. Setelah format hardisk/partisi hardisk selesai dilakukan, berikutnya adalah Windows server 2003 akan mengcopy seluruh file-file Instalasi yang akan dibutuhkan selama Proses Instalasi Windows server 2003.


10. Setelah pengopian seluruh file-file selesai , maka windows mulai untuk proses Instalasinya seperti di bawah ini.

11. Selanjutnya Windows server 2003 akan menampilkan jendela pengaturan Regional dan Language Options seperti gambar berikut.


12 Berikutnya klik tombol NEXT,maka akan muncul jendela Personalized , disini disuruh untuk mengisi nama dan organisasi sesuai sesuka kalian.


13. Klik tombol Next, maka akan muncul jendela Your Product Key atau Serial Number. Masukan yang sudah di tentukan, biasanya ada 25 digit.



14. Pada tahap ini kita dapat memilih 2 opsi, yaitu Per Server dan Per Device (seat). Jika memilih Per Server hanya memiliki jumlah 1 lisensi yang kita miliki dan hanya boleh dan bisa diakses oleh 100User dalam waktu yang bersamaan, Sebaliknya kalau kita memilih Per Device, berarti setiap server yang kita punya memiliki lisensi tersendiri.




15. Masukan nama computer dan password administrator dari Windows Server 2003. Kemudian klik tombol NEXT. Nama computer tidak boleh diisi sembarangan, karna akan terkait dengan proses konfigurasi yang lainnya.


16. Pilih tanggal dan waktu computer yang akan di Instal Windows Server 2003, Kemudian klik tombol NEXT.



17. Kali ini menampilkan jendela Networking Setting.jika tidak akan melakukan Seting-an standar yang akan diberikan oleh windows server 2003 (default) saat ini,klik tombol Next.
Add caption
  18. tunggu beberapa saat , windows akan melakukan proses konfigurasi, Windows server 2003 telah selesai di Instal, langkah berikutnya dalah login kedalam computer tersebut dengan menekan tombol keyboard CTRL+Alt=delete.
Add caption






19.   masukan name dan password administrator, kemudian klik Okkk.



Tidak ada komentar: